HaniffTJ

HaniffTJ

PeRjaLaNan MeNuJU PunCaK

Gaji yang tidak mencukupi

April 29, 2020 | Comment

Seseorang datang kepada Imam Syafi’i memberitahu tentang kesempitan hidup yang dia alami. Dia memberi tahukan bahwa dia bekerja sebagai orang upahan dengan gaji 5 dirham. Dan gaji itu tidak mencukupinya.

Namun hairanya, Imam Syafi’i menyuruh dia untuk menemui orang yang mengupahnya supaya mengurangi gajinya menjadi 4 dirham. Orang itu pergi melaksanakan perintah Imam Syafi’i sekalipun ia tidak paham apa maksud dari perintah itu.

Setelah berlalu beberapa lama orang itu datang lagi kepada Imam Syafi’i mengadukan tentang kehidupannya yang tidak ada kemajuan. Lalu Imam Syafi’i memerintahkannya untuk kembali menemui orang yang mengupahnya dan minta untuk mengurangi lagi gajinya menjadi 3 dirham. Orang itupun pergi melaksanakan anjuran Imam Syafi’i dengan perasaan sangat Hairan.

Setelah berlalu sekian hari orang itu kembali lagi menemui Imam Syafi’i dan berterima kasih atas nasihatnya. Ia menceritakan bahawa wang 3 dirham dapat mengurangi seluruh kekurangan hidupnya, dan membuat hidupnya menjadi lapang. Ia menanyakan apa rahsia di balik itu semua?

Imam Syafi’i menjelaskan bahwa pekerjaan yang ia jalani itu tidak layak mendapatkan upah lebih dari 3 dirham. Dan kelebihan 2 dirham itu telah mencabut keberkahan harta yang ia miliki ketika tercampur dengannya.

Semoga Allah mengaruniakan kepada kita kemampuan untuk serius dalam bekerja dan istiqamah, hingga rezeki kita menjadi berkah dunia dan akhirat.

Loading Facebook Comments ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge